fbpx

Latih Terus Alif Ba Ta Meski Terbata-bata

Banyak yang mengaku muslim,tapi pas dicek cara membaca Al-Qur’annya, ternyata tidak mampu membedakan mana huruf ت atau ب , bahkan tidak pernah dengar yang namanya Mad. Sedangkan waktu lebih sering dihabiskan untuk jadwal touring, ngopi, arisan bersama komunitas.

Penyebab Masuk Surga

Tidak sadar bahwa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an merupakan salah satu sebab seseorang dapat masuk ke surga. Hadist yang menerangkan keutamaan membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya begitu banyak, diantaranya adalah:

Dari Abdullah bin ‘Amr radhyiallahu Anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914. Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 2240 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia pernah menuturkan bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi Wassalam bersabda,

عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kedudukannya di akhirat ditemani oleh para malaikat yang mulia. Dan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit membacanya maka ia akan mendapatkan dua balasan pahala. (HR Kuslim 1329)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Jabir radhyiallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam bersabda:

 الْقُرْآنُ مُشَفَّعٌ، وَمَا حِلٌ مُصَدَّقٌ، مَنْ جَعَلَهُ إِمَامَهُ قَادَهُ إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَنْ جَعَلَهُ خَلْفَ ظَهْرِهِ سَاقَهُ إِلَى النَّارِ

Al-Qur’an akan memberi syafaat (dengan izin Allah) dan Ia merupakan lawan berdebat yang jujur. Barangsiapa yang menjadikannya sebagai pemimpin, niscaya ia akan mengantarkannya ke dalam surga. Namun barangsiapa menjadikannya berada di belakang punggungnya (meninggalkannya), niscaya ia akan mengiringinya ke dalam neraka.
(HR Ibnu Hibban I/167, no.134)

Sebagian ayat ataupun surat di dalam Al-Qur’an bahkan memiliki beberapa keutamaan tersendiri. Diantaranya bahwa ayat-ayat dan surat-surat itu merupakan salah satu penyebab seseorang masuk surga, atau siapa saja yang membacanya akan dibangunkan untuk sebuah istana di surga.

Diantara ayat atau surat yang merupakan salah satu penyebab seseorang masuk surga adalah :

1. Ayat Kursi

Dari Abu umamah radhiyallahu Anhu ia menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam bersabda :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Barang siapa membaca ayat Kursi pada setiap selesai salat wajib maka tidak ada sesuatupun yang menghalanginya untuk masuk Surga kecuali apabila ia meninggal. (HR An Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum Wal Lailah'( halaman 182, nomor 100.)

2. Surat Al-Mulk

Dari Abu Usamah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassalam bersabda :

إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَسْتَغْفِرُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ‏:‏ (‏تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ)‏

Sesungguhnya ada satu surah di dalam Al Qur’an -yang terdiri dari tiga puluh ayat- yang memohonkan ampunan untuk orang yang membacanya hingga orang itu benar-benar diampuni. (Surah itu adalah): “Tabaarakalladzi bi yadihil Mulku”. (Shahih Ibnu Hibban 787)

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mudahkan kita belajar tahsin agar dapat mempelajari dan mengamalkan Al-Quran.

Referensi :

  • Mujibatul Jannah Fi Dhau-is Sunnah, Abdullah Bin Ali Al-Ju’aitsin, 1419H

The Habaib – Media Islam dan Kajian Online

Leave a Reply

*